Thumb

20Apr, 2022

Penguatan Pendidikan Seks Usia Dini SDIT Qurrota A’yun Gandeng BKKBN dan Akbid Harapan Mulya Ponorogo

ADMIN

Sebagai bentuk pelibatan tri pusat Pendidikan dalam mendukung pembelajaran di sekolah, SDIT Qurrota Ayun mengembangkan sayap kerjasama dengan masyarakat dalam hal ini instansi pemerintahan dan akademisi. Hari ini (Rabu/20 April 2022) ,SDIT Qurrota A’yun bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Akademi Kebidanan (Akbid) Harapan Mulya  Ponorogo untuk memberikan penguatan materipelajaran tematik tema 6 dan 7 terkait dengan pubertas di kelas 6.


Ditemui di ruang kepala sekolah, ibu Wijiati, S.TP. S.Pd menyampaikan bahwa pelibatan instansi/tenaga ahli dari luar sangat diperlukan untuk mendukung pembelajaran yang berpihak pada murid. Beliau menambahkan bahwa melalui pelibatan tim ahli ini siswa akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih komprehensip.


Kegiatan kali ini terbagi menjadi 2 kelompok dengan tema serupa. Kelompok pertama dikuti oleh 68 Siswa kelas 6 dengan tema Pendidikan Seks Generasi muda dengan penyuluh dari BKKBN Ponorogo yang dilaksanakan di Hall Lt.2 Gedung Diponegoro. Sedangkan 75 siswi putri mengikuti Pendidikan Seks Usia Remaja dan Cara Merawat Organ Reproduksi Wanita Bersama Tim Edukasi dari Akbid Harapan Mulya Ponorogo yang dilaksanakan di Serambi Masjid Sekolah.

Bapak Harminto, S.H, M.Hum, Kabid Ketahanan Keluarga BKKBN Ponorogo sebagai tim Penyuluh yang hadir dalam kesempatan kali ini sangat mendukung kegiatan ini. Beliau menyampaikan terimakasih atas pelibatan BKKBN untuk menyukseskan Program Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) untuk kelas 6 SDIT Qurrota Ayun Ponorogo sebagai penyuluhan untuk generasi muda terkait kesehatan reproduksi. Dalam keterangan lebih lanjut menyampaikan Triad KRL.  Ada 3 hal yang sebaiknya dihindari oleh remaja, yaitu hindari pernikahan dini, hindari seks pra nikah, dan menghindari NAPZA/Obat terlarang karena ketiga hal tersebut dapat menyebabkan efek yang kurang bagus. Harapan dengan diadakannya penyuluhan ini agar generasi muda dapat menghindari 3 hal yang sangat merugikan tersebut di atas.


Dalam kesempatan kali ini pula ibu Sumini, S.Si.T., M.Kes sebagai Direktur Akbid Harapan Mulya Ponorogo yang juga hadir dalam agenda ini menyampaikan bahwa kegiatan yang diadakan kali ini sangat bermanfaat terutama bagi remaja putri agar dapat  lebih siap menghadapi masa pubertas dan dapat menjaga kesehatan reproduksi. Beliau berharap agar kerjasama ini dapat berlanjut terus di kesempatan mendatang.